SIA next Generation , Solusi Anti Nge-Lag

Sunday, April 14, 20130 komentar

Pusat Jaringan Informasi (PJI) yang selama ini dikenal oleh para mahasiswa sebagai tempat mengajukan keluhan fasilitas universitas yang berkaitan dengan teknologi seperti komputer, LCD-Projector ini tengah mengalami pergantian nama dan kelak juga penambahan tugas. Tidak hanya PJI, Pusat Pengembangan Sistem Informasi (PPSI) yang bertugas mengembangkan dan memaintenance aplikasi website juga tengah berganti nama dan juga kelak bukan lagi tempat mahasiswa mengadukan keluhannya terhadap fasilitas-fasilitas universitas, baik yang berkaitan dengan website maupun tidak.

Seperti yang sudah dikenal oleh mahasiswa, Pusat Jaringan Internet (PJI) kerapkali didatangi untuk menangani masalah-masalah harian yang dialami oleh mahasiswa terkait dengan fasilitas-fasilitas yang berhubungan dengan teknologi baik komputer, LCD-Projector dan sebagainya. Sedangkan Pusat Pengembangan Sistem Informasi (PPSI) yag memiliki tugas mengembangkan dan me-maintenance aplikasi website inipun tak jarang menjadi tujuan mahasiswa dalam menyampaikan keluhannya terkait dengan kesalahan-kesalahan yang terjadi pada website. Padahal menurut Giri Purnomo S,Pd.M.Kom selaku kepala PPSI hal itu jelas menyalahi prosedur, karena tugas PPSI bukanlah berhadapan langsung dengan user atau mahasiswa. Walau PPSI tetap melayani keluhan dari para user atau mahasiswa, namun sebaiknya user atau mahasiswa mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh pihak universitas.
Giri P. M.Kom
Belum lama ini PJI juga telah berganti nama menjadi Pusat Operasional dan Support System Informasi  (POSSI) dan dengan pergantian nama ini, nantinya POSSI ini akan menjadi front-line yang berhubungan langsung dengan user atau mahasiswa jadi user tidak perlu lagi mendatangi divisi-divisi yang berbeda untuk mengeluhkan beberapa hal. POSSI ini akan menjadi satu-satunya pusat keluhan mahasiswa.  sehingga PPSI yang juga telah berganti nama menjadi Pusat Pengembangan Solusi Sistem Informasi (PPSSI) tidak lagi berhubungan dengan user atau mahasiswa yang mengajukan keluhan-keluhannya. Sehingga PPSSI nantinya fokus pada tugas utamanya untuk menembangkan dan mengolah aplikasi website. Kalaupun menerima komplain atau masukan PPSSI hanya henya menerima dari divisi-divisi saja, tidak langsung dari user atau mahasiswa agar terjadi tertib administrasi.
Selain pergantian nama,Giri juga menambahkan bahwa Direktorat IT beserta seluruh jajarannya juga terus melakukan perbaikan akan keluhan-keluhan yang disampaikan oleh mahasiswa yang diantaranya adalah lambatnya koneksi dalam mengakses SIA. Akses yang digunakan oleh pihak PPSSI pun nantinya bukan aplikasi yang gratis atau bebas biaya melainkan akan beralih ke sistem yang lebih baik dan berbayar. Versi sistem yang digunakan oleh PPSSI yang semula hanya versi 9G akan ditingkatkan ke versi 11G, guna meningkatkan mutu pelayanan dari Direktorat IT itu sendiri. Salah satu solusi yang sudah menjadi program kerja Direktorat IT yaitu progress “SIA-Next Generation” yang sudah didesain dan masih pada tahap lelang penawaran ke vendor-vendor, pengembangannyapun akan menggunakan sistem outsource. Sehingga nantinya mengakses lebih mudah dan aplikasi yang tadinya berlainan dan terbagi-bagi menjadi satu akses.
Giri mengatakan bahwa pihaknya maupun Direktorat IT akan terus melakukan perbaikan guna kenyamanan mahasiswa, progresnya dapat dilihat dari mulai pembagian pengisisan KRS sesuai program studi masing-masing. Hal itu dilakukan guna mencegah terjadinya kelambatan ataupun kesalahan server. Selain itu Giri juga berpesan kepada para pengguna website agar mengetahui penyebab eror yang terpampang pada layar tampilan sehingga mengetahui apa penyebab kesalahan akses dari tulisan yang ditampilkan oleh website.
Sosialisasi tentang info-info terbaru pun sudah ditampilkan baik di website maupun selebaran yang berada di Tata Usaha masing-masing fakultas sehingga mahasiswa dapat membaca dan mengetahui info-info terkait jaringan ataupun website. Dan tidak melulu menyalahi prosedur dan tertib administrasi.
Tim Reporter :
Okta Fitriana (Teknik Elektro 2012)











Anna Nurjanah (PR 2012)

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Alifikom - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger