PESAN BIJAK DARI PEMBINA BARU (Menuju Medan Dakwah Berkualitas)

Sunday, April 14, 20130 komentar

UKM ISLAM Al-Faruq bersiap menempuh hari-hari baru mengemban amanah dakwah bersama Pembina yang baru pula. Bertempat di ruang C-203 Universitas Mercu Buana, Dr. Anwar Prabu yang diberi kepercayaan membina satu-satunya UKM Islam di UMB ini  memberikan arahan perdananya kepada seluruh kader dakwah Al-Faruq yang terdiri dari seluruh anggota Lembaga Dakwah Fakultas yang tersebar di  seluruh penjuru kampus.

Acara bertajuk “Sosialisasi Pembina UKM ISLAM AL-Faruq” ini dibuka oleh Akhina Muh. Afif Zulqa’idah selaku MC kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh akhina Muh. Kahfi. Haekal Fajri Amrullah yang merupakan Ketua Umum (Mas’ul) UKMI Al-Faruq memberikan sambutan pertamanya dalam rangkaian acara sosialisasi pembina UKMI ini. Dalam sambutannya, Haekal berharap agar seluruh aktivis dakwah mendapatkan semangat baru untuk melanjutkan estafet dakwah. Ia menyebut bahwa UKMI Al-Faruq memperoleh sebuah rahmat karena dapat dibina oleh salah satu orang yang paling berpengaruh di Universitas Mercu Buana yang akan segera memperoleh gelar profesornya. Selain itu, haekal memaparkan gambaran umum mengenai UKMI berupa Visi Misi, Struktur Organisasi, Prestasi, maupun program yang akan diimplementasikan Al-Faruq kedepannya. Haekal menambahkan bahwa hingga saat ini, ada sekitar 130 kader muda yang telah bergabung dalam keluarga besar Al-Faruq.

Selanjutnya, Dr. Anwar Prabu memberikan arahan serta sambutan perdananya di hadapan para aktivis dakwah Al-Faruq. Dalam sambutannya ini, Anwar Prabu yang juga merupakan Dekan Fakultas Psikologi UMB lebih menekankan aspek-aspek rohani serta ruhiyah dalam memajukan organisasi. Ia merujuk pada Q.S. Al-Isra 78-79 yang mengungkapkan bahwa Allah akan meninggikan derajat bagi siapapun yang melaksanakan shalat Tahajud. Hal ini ia ungkapkan untuk meyakinkan bahwa aspek ubudiyyah sangat berpengaruh dalam menciptakan karakter akhlakul karimah bagi seluruh organisator. Sebagai akademisi Psikologi, Prabu sepertinya sangat mengerti bagaimana aspek psikologi sangat mempengaruhi perkembangan sebuah organisasi. Ia mengutip salah satu pendapat ahli G.W. Allport, mengenai Maturity of Personality yang mengungkapkan bahwa pribadi yang dewasa mental memiliki kriteria, antara lain: extension of the self, objectification of the self and self of humor, serta unifying of philosophy of life. Karena itu, ia meminta agar seluruh kader dakwah menjadi pribadi yang dewasa mental. Salah satunya dengan menunjukkan identitas diri dengan memperbaiki penampilan dan bersikap jujur.  selanjutnya, ia mengaharapkan agar seluruh aktivis dakwah lebih kompak antara setiap fakultas maupun jurusan, mengajak saudara-saudara yang lain dengan santun, serta lebih selektif dalam menerima doktrin-doktrin yang bersifat ekstrim. ia meyakinkan bahwa niat yang baik akan memperoleh kemudahan-kemudahan dari Allah. Di penutup, Dr. Prabu mengajak seluruh ADK untuk istiqomah dalam menjalankan agama secara kaffah. (red)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Alifikom - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger